Sosialisasi dan Talk Show Pelaksanaan Program PSP-3 2013

Sosialisasi dan Talk Show Pelaksanaan Program PSP-3 2013


Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedasaan (PSP-3) 2013 selama 2 (dua) hari, Jumat dan Sabtu (3-4 Mei) di Hotel Alden Makassar.

Kepala Bidang Kepemudaan, Megawati, SE.MM, saat membuka kegiatan ini mewakili Kadispora, mengatakan program PSP-3 merupakan upaya pemerintah untuk memfasilitasi pemuda yang berpendidikan (sarjana) agar mampu menggerakkan pembangunan di pedesaan.

"Melalui Program PSP-3 ini, sarjana yang memiliki pengetahuan, wawasan, sikap, dan keterampilan dapat menggali atau membangkitkan potensi sumberdaya masyarakat di pedesaan," kata Megawati.

Kepala Seksi Pengembangan Kreatifitas Pemuda, Baharuddin, S.Sos,MM, melaporkan bahwa acara Sosialisasi digelar bertujuan untuk memberikan informasi kepada sarjana calon peserta tentang program PSP-3 sehingga ada peningkatan kualitas dari segi tujuan, sasaran dan pelaksanaannya.

"Sosialisasi ini juga bertujuan untuk membangun sinergitas dan koordinasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dispora Sulsel dan Pemerintah Kabupaten sebagai daerah penempatan peserta PSP-3," kata Baharuddin.

"Untuk tahun 2013 daerah penempatan peserta direncanakan di kabupaten Pinrang dan Barru," tambahnya.

Selain sosialisasi, dilaksanakan juga Talk Show secara live di TVRI Sulsel. Tampil sebagai pembicara adalah Asdep Tenaga Kepemudaan Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, DR. H. Amar Ahmad, M.Si, Kadispora Sulsel, Drs. H. Ilham A Gazaling, M.Si, dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas, Prof. Dr. Andi Alimuddin, M.Si. (JN)



Talk Show Program PSP-3 di TVRI Sulsel

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memprogramkan pemuda sarjana menjadi motor penggerak pembangunan di pedesaan yang diberi nama PSP-3.

Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP-3) ini mempunyai misi meningkatkan dan mengembangkan kapasitas pemuda berpendidikan tinggi untuk menggerakkan berbagai potensi sumber daya masyarakat di pedesaaan.

Demikian dipaparkan Asdep Tenaga Kepemudaan Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, DR. H. Amar Ahmad, M.Si pada Talk Show secara live di Studio II TVRI Sulsel, Sabtu sore (4/5/2013).

Tampil sebagai pembicara selain Amar Ahmad, yakni Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Sulsel, Megawati, SE.MM, dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas, Prof. Dr. Andi Alimuddin, M.Si.

Menurut Amar Ahmad, pada tahun 2013, Kemenpora akan merekrut 1.000 sarjana dari seluruh Indonesia. Dimana para sarjana tersebut dikontrak selama 2 tahun untuk melakukan pendampingan pada masyarakat di pedesaan.

Program PSP-3 sejak tahun 2011 terdapat perubahan mekanisme penempatan. Sebelum tahun 2011 penempatan peserta PSP-3 berada di satu wilayah propinsi namun mulai tahun 2011 dilakukan penempatan keluar propinsi asal peserta, terangnya. Untuk tahun 2013 ini, peserta asal Sulsel akan ditempatkan di 6 propinsi lain yaitu Sumatera Utara, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan Maluku.

Hal senada diungkapkan oleh Megawati, bagi pemuda berusia 20 – 27 tahun yang sudah lulus sarjana (S1) lulusan apa saja, serta berminat untuk menjadi Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (PSP-3), akan diberikan biaya hidup yang diberikan pemerintah sebesar Rp 3 – Rp 4 juta per bulan. Selain itu peserta juga akan diberikan biaya program pendampingan sebesar 10 juta per tahun. “segera mendaftarkan diri dengan menyertakan lamaran berikut persyaratan lengkap ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel,” kata Megawati. (JN)


Pengumuman Penerimaan Calon Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan PSP3 Tahun 2013 Dispora Sulsel

Berdasarkan surat Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Nomor : 00218/D.II.MENPORA/2/2013 tanggal 28 Februari 2013, bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel melalui Bidang Kepemudaan tahun 2013 membutuhkan 30 orang tenaga sarjana dari semua jurusan, dengan sistem kontrak selama 2 (dua) tahun, yang akan ditugaskan di 6 provinsi yaitu : Sumatera Utara, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan Maluku.

Adapun syarat-syarat peserta dan jadwal pelaksanaan Program PSP-3 sebagai berikut :

1. Syarat-syarat peserta :

Pendidikan S1 semua jurusan, diutamakan jurusan ekonomi dan keuangan atau pendidikan D4 dari jurusan teknik/manajemen informatika.

Telah lulus kuliah minimal 1 tahun, diutamakan memiliki pengalaman kerja yang dibuktikan dengan referensi kerja.

Usia maksimal 27 tahun.

Memiliki pengalaman organisasi ekstra kurikuler / kemasyarakatan minimal 1 tahun yang dibuktikan dengan fotokopi SK organisasi/ lembaga.

Mempunyai kemampuan menulis dan mendokumentasikan laporan melalui teknologi informatika.

Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama dalam kontrak dengan dibuktikan surat pernyataan dan persetujuan dari orangtua.

Sehat rohani dan jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter Pemerintah setempat.

Berlakukan baik dan bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan kepolisian setempat.

Tidak terikat kontrak kerja pada lembaga / instansi manapun selama menjadi peserta PSP-3.

Tidak terikat kontrak kerja pada lembaga / instansi manapun selama menjadi peserta PSP-3.

Tidak sedang melamar untuk menjadi PNS selama masa kontrak PSP-3.

Belum pernah mengikuti program PSP-3 provinsi dan pusat

Bersedia menandatangani kontrak kerja..

Bersedia ditempatkan di desa lokasi tugas di seluruh wilayah Indonesia, diketahuinya orangtua/ wali dan tidak meninggalkan desa lokasi penempatan selama kontrak.

Lulus seleksi penerimaan PSP-3.

Memiliki NPWP dan buku rekening bank.

2. Jadwal Pelaksanaan :

Sosialisasi, Rekruitmen/ Pendaftaran (22 April s.d 22 Mei)..

Seleksi administrasi (23 s/d 26 Mei)..

Pengumuman hasil seleksi administrasi (27 Mei)..

Daftar ulang hasil seleksi administrasi (28 s/d 31 Mei)..

Seleksi tertulis dan wawancara (3 Juni s/d 6 Juni)..

Koreksi test tertulis dan wawancara oleh tim pusat (7 s/d 30 Juni)..

Pengumuman hasil seleksi (04 Juli)..

Daftar ulang peserta (05 Juli s/d 11 Juli)..

Pengiriman ukuran baju peserta yang lulus (11 s/d 12 Juli)..

Orientasi di Provinsi asal peserta (12 Agustus s/d 14 Agustus)..

Pembekalan peserta oleh tim pusat (15 s/d 29 Agustus)..

Orientasi peserta PSP3 (30 Agustus s/d 01 September)..

Penempatan PSP3 dari Prov ke desa lokasi (02 September) (JN)



Hak Yang Akan Diterima :

Modal rintisan Rp.10 juta/tahun (2 x terima)

Biaya Hidup Rp. 3 Juta/bulan - Rp. 4 juta/bulan untuk wilayah : Papua, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan NTT.



Bidang Penugasan Di Desa :

Pengembangan Ekonomi Mikro

Pengembangan Pendidikan Kebangsaan

Pengembangan Teknologi Informatika



Masukkan Lamaran Ke :

Dispora/Dikpora Provinsi/Kabupaten/kota setempat

LP2M Universitas Hasanuddin

Dewan Pengurus Daerah Forum Purna PSP-3 setempat

Kemenpora RI, Asdep Kepeloporan Pemuda, email : asdepkepeloporan_pemuda@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar