KEJURNAS KARATE JUNIOR DAN KADET PIALA MENDAGRI XIV DAN PIALA MENDIKNAS III 2010

Kejuaraan Nasional Karate Junior dan Kadet Piala Mendagri XIV 2010 dan Piala Mendiknas III 2010, resmi bergulir di Celebes Convention Centre (CCC), Kamis, 24 Juni. Sebanyak 1.127 karateka dari 33 Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) se-Indonesia dan 23 perguruan karate ambil bagian di ajang bergengsi ini. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, yang membuka kejurnas, berharap dari kegiatan ini akan lahir karateka berprestasi nasional dan berkelas internasional. "Dari tempat ini kita berharap akan lahir karateka nasional yang bisa mengibarkan Merah-Putih pada kejuaraan di tingkat internasional," ujar Gamawan.
Gamawan menyebutkan, dalam sepuluh tahun terakhir prestasi karateka nasional cukup menggembirakan. Dia memuji Sulsel sebagai gudangnya karateka nasional. Buktinya yang menyumbang delapan karateka di pelatnas berasal dari Sulsel.
Ketua Forki Sulsel yang juga Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa kejurnas ini menjadi ajang pencarian bibit. "Masa usia produktif ada pada atlet usia dini. Makanya ajang seperti ini sangat tepat untuk pencarian bibit atlet," ujar Syahrul.
Pada hari pertama sebanyak 17 kelas yang dipertandingkan untuk usia dini. Sulsel yang berkekuatan 97 karateka langsung merebut emas pada hari pertama. Emas tersebut diraih karateka usia dini melalui Rezka Fauziah.
Rezki melaju ke final dan berhasil mengalahkan karateka dari PB Inkai Jakarta dengan nilai 4-1. Keberhasilan Rezka ini disambut suka cita Ketua Kontingen Karate Sulsel, Ellong Tjandra. "Target kita meraih juara umum. Keberhasilan harus menjadi motivasi bagi karateka lain," ujar Ellong menyelamati karateka lain.
Rezka turun di kelas kata perorangan U-10. Murid kelas 4 SD Inpres Tabaringan kelahiran 21 Maret 2001 ini pun tidak menyangka bisa juara. Maklum, ini penampilan pertama di kejuaraan berkelas nasional. "Sudah lama saya latihan, masa mau kalah," aku Rezka.

Sumber : Harian Fajar, Hari Jumat Tanggal 25 Juni 2010. Halaman 30 Kolom 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar