Pembekalan Dasar-Dasar Kepelatihan/ Perwasitan (Pelatihan Bagi Pelatih/Wasit Cabang Olahraga)

 DSCN3793
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel melaksanakan kegiatan Pembekalan Dasar-Dasar Kepelatihan/Perwasitan. Pelatihan yang diikuti oleh kurang lebih 150 orang peserta ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 7 s.d 8 Juli 2010 di Hotel Grand Place Makassar.
Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Drs. Muh. Arief, M.Pd, dalam laporannya menjelaskan, peserta berasal dari pelatih dan wasit beberapa cabang olahraga prestasi unggulan dan utusan masing-masing pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel. “Kegiatan Pembekalan Dasar-Dasar Kepelatihan/Perwasitan dilaksanakan sebagai upaya untuk memantapkan pemahaman dan pembekalan serta pengetahuan terhadap dasar-dasar kepelatihan atau perwasitan, guna mewujudkan peningkatan kualitas pelatih dan wasit dalam mengawal proses pembangunan dan peningkatan prestasi atlet-atlet di Sulawesi Selatan,” ujar Muh. Arief.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Drs. Ilham Andi Gazaling, M.Sc, saat memberikan sambutan pembukaan, mengungkapkan, pemerintah khususnya Dispora Sulsel melaksanakan kegiatan ini, merupakan manivestasi wujud kepedulian dan dukungan dalam mensukseskan program-program pembangunan keolahragaan, termasuk kesuksesan visi dan misi sentra-sentra pembinaan keolahragaan diantaranya Program Atlet Unggulan Sulawesi Selatan (PAUSS), Program Atlet Andalan Sulawesi Selatan (PAASS), Pusat Pembinaan Atlet Prestasi Daerah (PPAPD), Pusat Pembinaan Latihan Mahasiswa (PPLM) dan Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP).
Salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam peningkatan prestasi atlet dan menempati posisi vital dalam keberhasilan setiap program pembangunan keolahragaan, adalah profesionalisme para pelatih maupun wasit.
“Melalui pelatihan ini, para pelatih memiliki skill atau kemampuan, baik itu kemampuan dalam memberikan materi latihan, maupun kemampuan membina dan meningkatkan sikap atau karakter para atlit, serta attitude sebagai landasannya. Demikian pula untuk para wasit, hendaknya punya pengetahuan tentang aturan-aturan perwasitan, menjunjung tinggi sportifitas, serta selalu menjaga integritas, moral, dan mentalitas,” harap Ilham Andi Gazaling kepada peserta.
Mengakhiri sambutannya, Ilham Andi Gazaling memaparkan, bahwa peserta pelatihan ini merupakan angkatan pertama. Dispora Sulsel akan melanjutkannya secara berjenjang dan berkelanjutan memakai sistem degradasi-promosi dari level dasar ke level prestasi tertinggi (basic to win).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar