Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VI SOIna 2010

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sore ini, Sabtu (26/6/2010), Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VI SOIna 2010 akan resmi dibuka. Pembukaan Pornas akan berlangsung di Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada pukul 15.00 WIB.
Pertandingan Pornas sendiri telah berlangsung sejak Kamis (24/6) kemarin, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Ragunan, Jakarta Selatan. Pornas dijadwalkan berakhir pada Senin (29/6) esok.
Pornas VI itu juga menjadi ajang seleksi nasional atlet tunagrahita untuk diturunkan ke ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) atau olimpiade khusus atlet tunagrahita di Athena, Yunani tahun 2011. Di Pornas tahun 2010 ini diperlombakan 7 cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, bocce, renang, sepakbola, dan bola basket.
Perhelatan tersebut diikuti oleh 1.500 atlet penyandang tunagrahita dari 33 provinsi. Sebanyak 46 atlet terbaik akan diikutsertakan dalam Olimpiade di Athena tahun depan.(*)

 

SULSEL TURUNKAN 47 ATLET DI PORNAS IV SOIna 2010

Pengurus Daerah (Pengda) Special Olympics Indonesia (SOIna) menurunkan 47 atlet pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna di Jakarta, 25 – 30 Juni. Atlet Sulsel ini akan mengikuti tujuh cabang olahraga (cabor)

 Ketujuh cabor yang diikuti, yakni tenis meja, bocce, bulu tangkis, basket, atletik, renang, dan sepak bola. Para Atlet yang diturunkan tersebut menargetkan juara pada setiap cabor yang diikuti.  Para atlet tersebut didampingi 59 pendamping dan ofisial.

Anggota Kontingen Pengda SOIna  Sulsel, M Arief Mattewakkang, Kamis, 24 Juni menjelaskan bahwa target juara pada setiap cabor itu untuk memenuhi ambisi Pengda SOIna Sulsel, mengikuti Olympiade Internasional SOIna di Yunani.  Puluhan atlet SOIna Sulsel yang diturunkan pada Pornas SOIna di Jakarta ini adalah atlet yang mendapat juara II pada Popda II Sulsel April lalu.

Target juara atau berprestasi pada ajang nasional ini diharapkan dapat dicapai atlet Sulsel.  Tujuannya untuk menciptakan stigma positif bahwa atlet dengan IQ dibawah 70 juga bisa berprestasi dan mengharumkan daerah.

Penasihat Pongda SOIna Sulsel, M Darwis, menyebutkan bahwa dengan menurunkan 47 atlet pada Pornas di Jakarta, sudah menjadi gambaran bahwa Sulsel bisa melahirkan atlet berprestasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar